Berdasarkan hasil studi ditemukan bahwa,
penyelenggaraan pendidikan yang baru sampai tingkat SMA/MA, masih meninggalkan
kendala pada tataran produktifitas alumninya, yakni belum tuntasnya pembekalan
santri baik pada sisi mental spiritual maupun life skills yang bersentuhan
langsung dengan eksistensi dan tuntutan kehidupan santri dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Berangkat dari hal tersebut di atas dan
didasari keprihatinan terhadap kerusakan mental dan moral yang menimpa generasi
muda (Islam) khususnya, maka diperlukan langkah baru dalam dunia kepesantrenan
dengan mendirikan sebuah lembaga yang menyelenggarakan berbagai pembekalan
lebih lanjut kepada alumni-alumni santri dengan berbagai kompetensi spiritual
dan life skills, dengan harapan muncul kader-kader dakwah yang
betul-betul siap terjun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
secara lebih maksimal dengan berbagai daya dukung kapasitas
ekonomi/kewirausahaan, pendidikan dan politik mumpuni.
Pada akhirnya dengan filosofi “Muhammad
al-Fatih” akan lahir generasi-generasi pemimpin muda yang siap untuk
mengelola masyarakat dan negara sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunah
sebagaimana termaktub dalam dasar ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia
yaitu pancasila,
serta memiliki kemampuan dan semangat juang menaklukan berbagai problematika
dan tantangan umat.
B.
V I S I
Menjadi
Lembaga Pendidikan Tinggi Independen berbasis Pesantren Islam yang mampu
Melahirkan Generasi Islam Indonesia Bersyariat, Bermartabat dan Bermanfaat Bagi
Umat
C.
M I S I
1. Menjadi
Pusat Pengkajian Al-Qur’an dan As-Sunnah berbasis aktualisasi.
2. Menjadi
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Potensi (Centre for Islamic Potential
Human Resource, Development and Empowerment).
3. Menjadi
Pusat Dakwah berbasis Pemberdayaan Potensi Umat.
D.
TUJUAN KEBERADAAN LEMBAGA
1. Mencetak
kader-kader dakwah yang berkapasitas mumpuni dalam memahami (bercara hidup)
Al-Qur’an dan As-Sunah, sebagai upaya membumikan Al-Qur’an dan As-Sunah.
2. Mencetak
kader-kader dakwah bermental kepribadian Al-Qur’an dan As-Sunah yang mumpuni
dalam 3 (tiga) wilayah utama, yaitu; ekonomi/ kewirausahaan, sosial politik dan
pendidikan.
3. Menyelenggarakan
kegiatan-kegiatan ekonomi produktif berupa unit-unit usaha sektor-sektor riil
yang memberi upaya akses pemberdayaan umat.
E.
TARGET LULUSAN
1. Hafidz
Al-Qur’an 6 Juz sampai 30 Juz
2. Menguasai
minimal 2 (dua) bahasa asing (Arab dan Inggris) dan atau 3 (tiga) bahasa asing
(Arab, Inggris dan Jepang).
3. Menjadi
kader-kader/ da’I dakwah di 3 (tiga) wilayah/lini kehidupan utama; ekonomi,
sosial politik dan pendidikan.
4. Melahirkan
1 (satu) unit usaha rintisan/produktif berbasis ekonomi syariah.
F.
STRUKTUR ORGANISASI
Dewan
Pembina :
Ust.H. Sugondho
Dewan
Syariah :
Ust. Ali Ridlo, Lc
Ust. Ilyas Hsan, Lc. M.Pd
Ust. Ahmad Fauzi, Alfath
Dewan Penasihat Pendidikan : Ust. DR. Imam Sukardi, M.Ag
Dewan Penasihat Ekonomi Ust. Adib Susetyamoko, S.E
Dewan Penasihat SDM Ust. Musrofi, S.T
Dewan
Pengurus
Pimpinan
Pondok Pesantren : Ust. Heru
Utomo, S.PdI. M. Pd
Direktur
SDM/Eksekutive :
Ust. Dwi Widodo, S. Pd. I
Direktur
Keuangan : Ust. Ahmad Syahuri, AM.d
Konsultan
Manajemen :
Ust. Agus Purwanto
G. STRUTUR
KEPANITIAAN
Penanggung jawab : Yayasan Nurud Dhuhaa
Pengawas : Tim pengurus Ponpes Muhammad
Alfatih
Ketua panitia :
Ahmad Syahuri
Sekertaris :
Tomi Gunawan
Bendahara :
Sidig Budi Santoso
Bag. Humas :
Ebit Ganung
:
Aan
Bag. Ketenagaan :
Toni Mukhtar
Antok Prastiyo
Bag. Distribusi :
Adi Susilo
Eko Kurniawan
Muhammad jamaludin
Bag. Umum :
Rizki Sugiyanto
Puryanto
H.
PROGRAM – PROGRAM PENDIDIKAN
·
REGULER (KHUSUS – ASRAMA)
Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan
Purna Santri 3 (tiga) Tahun.
Materi atau kompetensi ;
a).
Al-Islam : Amalatul Qur’an dan Hadits
: Akidah,
Fiqih, Tafsir/hadits, dan Tsaqofah
San Mo De (Santri Moro Dewe)
San Mo San No (Santri Moco Santri Ngrungokno)
b).
Bahasa : Bahasa Arab, Bahasa
Inggris, Bahasa Jepang/Cina
c).
Islamic Leadership and Followership
d).
Islamic Economic/Entrepreneurship (Produksi, Marketing dan Usaha Dagang)
Jenjang Pendidikan/Karir
a) Tahun
ke-1 Santri Diklat, diedukasi dengan materi/ kompetensi
b) Tahun
ke-2 s/d 5 Santri Magang di unit-unit usaha produktif
(Santri
studi Strata 1/ S1 di Perguruan Tinggi target 4 Tahun lulus)
c) Tahun
ke-6 Santri Mandiri, memiliki usaha produktif sebagai Mitra Lembaga
·
NON REGULER (UMUM – NON
ASRAMA)
1. Pendirian
Madrasah Aliyah Universal
2. Penyelenggaraan
pendidikan dan pelatihan bersifat layanan umum, dengan pola tematik –
spesifik – segmentatif melalui berbagai program-program insidental
maupun insentif dalam berbagai pola penyelenggaraan, yaitu;
Training,
Motivasi, Workshop, Seminar, Lokakarya, Pendampingan, Short Course, Konsultasi.
0 comments:
Post a Comment